Source of Unhappiness

2011 adalah tahun yang unik.

Di sini adalah tahun yang penuh dengan perubahan. As my friend put it, that was the year of the “first”, first degree, first job, first salary, etc.

Tidak jauh berbeda, buat saya banyak sekali hal pertama yang saya alami. Tapi jika boleh, saya hendak membagi hidup saya menjadi tiga masa dalam tahun 2011.

1. Masa pertama adalah masa “santai”

2. Masa kedua adalah masa “super santai”

3. Masa ketika adalah masa “back to life, awaken from dream”

Masa pertama di mulai bulan Januari 2011.

Dalam masa pertama, satu-satunya yang menjadi tujuan adalah menyelesaikan skripsi. Saya tidak mempunyai kelas lagi untuk diikuti, sehingga hampir tak perlu lagi ke kampus.

Ketika itu, deadline skripsi masih 6 bulan (sampai bulan Juni), dan saya sudah menyelesaikan Bab 1 – 3, tinggal bab 4 dan 5, dan saya sudah tahu sepenuhnya apa yang akan saya tulis.

Ini adalah masa santai, everyday feels like holiday, which by the way made me very ineffective on working the thesis. Setiap hari, gw cuman bikin dua halaman. Tapi ya gpp, sedikit-sedikit lama-lama jadi  bukit kan?

Karena terlalu santai, saya mengambil les mandarin dan belajar CFA.

Di masa ini pula, saya mendapat pekerjaan.

I feel happy. Ini masa yang santai, dan senang karena merasa mengisi masa-masa santai ini dengan hal yang berguna, dan terlebih sudah mendapatkan pekerjaan, jadi tenang.

Masa kedua adalah masa setelah lulus sidang (bulan mei) dan masa sesudah ujian CFA (bulan juni)

Dalam masa ini, saya betul-betul tidak punya tanggung jawab, belum mulai bekerja, tapi sudah mempunyai pekerjaan, jadi ada kepastian.

What did I do? VACATION!

Jadi masa kedua adalah masa libur selama dua bulan.

I feel happy. I did nothing really useful for my life.

Masa ketiga dimulai tanggal 8 Agustus, yaitu tanggal dimana saya masuk kerja untuk pertama kali nya. Masa ini berakhir seiring dengan berakhirnya tahun 2011.

Disinilah “jalan” mulai agak menanjak, it started to get bumpy.

Mulai dari paling bawah, mulai dari nol. Banyak yang harus dipelajari, and some lesson I learned the hard way. Lama sudah ga “dimarahi”, baru pada masa ini gw merasakan kembali apa yang dinamakan “diomelin”. Was kinda a shock, but yah it went well as time went.

There were so many “first time”, and that was not comfortable at all (although some are very enjoyable).

At the end, I was not feeling happy, as I was not at my comfort zone. I was being stretched.

Saya jadi berpikir, apa sih hal-hal yang bisa bikin saya ga happy… Dan saya mulai membuat list

Saya mulai ga happy ketika:

1. Saya mulai menjalani hidup kita berdasarkan ekspektasi orang lain

2. Saya mulai melakukan apa yang tidak saya suka

3. Saya mulai merasa “harus” ini itu, padahal saya merasakan hal yang sebaliknya (saya merasa “harus” happy padahal saya ga happy, harus optimis padahal skeptis, dll)

4. Saya mulai merasa tidak aman, insecure

5. Saya mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain

6. Saya merasa rendah diri

7. Saya merasa sombong (karena tiba-tiba semua kritik dan masukan, bahkan orang yang memang tulus membantu kita terasa sebagai serangan)

8. Saya mulai menjalani hidup orang lain

9. Saya mulai menganggap tanggung jawab sebagai beban

10. Saya khawatir akan masa depan

11. Saya merasa terikat dengan segala apa yang dunia sediakan buat kita

12. Saya keluar dari comfort zone

13. Saya mempunyai ego

Hal-hal diatas adalah hal-hal yang bikin saya ga happy, terlepas dari benar atau salahnya. Dan kalo dilihat, source of unhappiness mostly come from myself, not external factor. Mostly is attitude and mindset.

I am unhappy now, but I am extremely grateful. I know God is giving me not what I want, but what I need. Dan saya sadar saya harus merubah banyak sikap dan mindset supaya bisa happy.

It really useful to find the source of this bad feeling, so we can do something about it in 2012 to become happier person. So, what makes you unhappy? Mind to share?

Semanggi,

2 Januari 2012

Elbert Ludica Toha

Leave a Reply

